Monday 3 January 2011

Hal-hal yang bisa menyebabkan turunnya iman seseorang


Al Ham (kebingungan)
Al Hazan (kesedihan)
Al 'Ajz (tiada keberdayaan)
Al Kasal (kemalasan)
Al Jubn (ketakutan)
Al Bukhl (kekikiran)
Ghalabah ad dain (di himpit hutang)
Qohr ar rijal (di kuasai orang lain)

Dari kedelapan virus di atas. jika seseorang di timpa olehnya dan tidak mampu temukan jalan keluar secpatnya maka, dia akan di paksa untuk pertaruhkan inner power atau kekuatan internalnya yaitu iman dan kekuatan nalar. jika imannya lebih kuat dari tekanan virus itu atau jangkauan nalarnya lebih luas dari pada lingkup tekanannya, insyaAllah dia akan sanggup melewatinya dengan selamat. Bahkan bisa saja dia akan menjadi lebih kuat dan tegar. Karena baginya virus itu berfungsi sebagai 'jamu' penguat kepribadiannya, semacam imunitas.

Jika terjadi sebaliknya dimana iman dan nalar seseorang itu lemah, maka untuk menghadapi virus2 tadi dia perlu bantuan kekuatan dari luar. sehingga dia tidak akan sampai roboh. peran lingkungan sosial dimana dia tinggal sangat penting dan sangat menentukan.

Kita sebagai sesama muslim hendaknya bila mengetahui ada seseorang yang sedang mengalami kesusahan, kesedihan atau kesusahan lainnya kita harus membantu menbimbing seseorang tersebut semampu kita. bukan hanya dukungan materi, namun yang di tekankan adalah dukungan moril berupa semangat, senyuman serta keberadaan kita bersama orang tersebut.

Ayooooo, sampaikan semangat lewat senyuman kepada siapa sajjjaaa....

            ^.^

No comments: