Friday 4 August 2017

Mendesain Blog Sendiri, kenapa tidak?

Alhamdulillah, pekan kedua mengikuti #kelasngeblogseru2 makin banyak ilmu yang bisa diterapkan untuk 'menghidupkan' kembali blog yang sudah lama pasif alias mati suri. Hihi, nulisnya waktu lagi mood saja atau lagi kerasukan malaikat baik. :D

Dari pekan pertama kami disuguhkan materi yang menggugah selera, apalagi bagi wanita pembelajar seperti saya ini, cie.. Awas muntah.  :P 

Di pertemuan pertama yang bertajuk "Bagaimana membuat artikel yang menarik", karena bagaimanapun bukan tulisan yang panjang yang diminati pembaca melainkan tulisan yang menarik dan informatif. dan Alhamdulillah tugas di materi pertama mendapatkan masukan yang makin menambah semangat untuk belajar menulis artikel. Silahkan lihat disini untuk tugas pertama dan artikel pertama saya. hihi.. Merasa newbie banget untuk menulis artikel. ^^

Di #kelasngeblogseru2 yang mentornya ciamik ini, banyak sekali sharing hal yang sangat bermanfaat bagi para blogger newbie seperti saya ini. Mulai dari cara membuat artikel yang menarik, hingga mendesain blog menjadi lebih baik dan eye cathing. Salah satunya tentang cara membuat header yang bagus dan menarik hingga sekiranya para pembaca tidak bosan atau 'malas' melirik blog kita. 

Dan di kelas ini aku akhirnya 'baru' mengetahui jika mayoritas atau pembaca pada umumnya menyukai latar posting atau artikel yang berwarna putih. (Ini aku catet bener-bener karena sebelumnya aku menggunakan latar yang sesuai dengan apa yang aku sukai sehingga kesannya blogku 'terlalu' ramai dan jika dibuka di handphone menjadi berat).

Oh ya, di #kelasngeblogseru2 ini aku baru tahu apa itu fungsi jump break. Fungsi jump break di blog adalah supaya postingan kita tidak terlalu panjang ke bawah. Jadi ketika kita membuka beranda yang tertampilkan di postingan kita hanya paragraf pertama saja sehingga konten tidak terlihat semua. coba deh tengok disini. hihi.

Kembali ke inti dari tajuk postingan ini yang berjudul Mendesain Blog sendiri, kenapa tidak? Aku ingin memberikan sedikit dosis yang sudah di'injeksikan' kepadaku oleh mentor #kelasngeblogseru2 kepada para sahabat pembaca sekalian.

learning by doing! 

Menurut aku pribadi, belajar sesuatu dari buku atau tulisan memang baik tapi dimentori oleh seseorang yang lebih berkompeten jauh lebih baik. Apalagi dibersamai oleh teman-teman pembelajar lainnya. Dari sahabat pembelajar ini kita bisa mendapatkan ilmu juga, contohnya saja ketika mereka tiba-tiba melontarkan pertanyaan yang sebelumnya tidak terlintas dipikiran kita. MasyaAllah, jembatan ilmu lainnya mulai terbentang. Belum lagi dibimbing oleh mentor yang luar biasa sabar dan tak pelit untuk membagi ilmunya. Terimakasih mbak Naqiyyah Syam :)

Masih tentang mendesain blog Alhamdulillah tak banyak kesulitan yang aku hadapi. Intinya adalah membaca dan memahami materi untuk kemudian langsung dieksekusi melalui tindakan atau praktek. Jangan menunggu 'paham' materi tapi zero ketika mengaplikasikannya.

Dan juga, jangan malu untuk bertanya! Bolehlah satu dua kali kurang paham akan materi mendesain blog, tapi langkah takl boleh berhenti di situ. Mari bertanya, mari fokuskan dan luruskan serta menguatkan azzam yang kuat untuk belajar. 

Untuk sekarang, cukup secuil dulu sharing saya tentang pengalaman mendesain blog. Nanti kalau ada yang kelupaan aku sambung lagi. hihi.. Atau ada yang nanya-nanya atau mau menjalin silaturahim? Boleh banget boleh japri aku disini ya! ^^






No comments: